SEKILAS INFO
25-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang memiliki 6 Program Keahlian – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Teknik Komputer dan Jaringan, Broadcasting dan Perfilman, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) –
28
Agu 2022

SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang membuka dua Program Keahlian (Proli) baru di bidang Bisnis Manajemen (Bisman), yaitu Proli Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Saeful Aziz mengatakan bahwa pembukaan Proli baru ini sudah direncanakan sejak lama. “Persiapan untuk membuka Proli baru ini sudah dilaksanakan sejak tiga tahun yang lalu. Diawali dengan menyiapkan sarana prasarana seperti lab yang sesuai dengan standar industri yang saat ini masih dalam proses, dan tenaga kependidikan.” Terkait kurikulum yang digunakan, Saeful menjelaskan bahwa saat ini sudah menggunakan Kurikulum Merdeka.

Proli AKL merupakan Proli yang akan mempelajari segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan, seperti mencatat, mengelompokkan, mengolah, hingga menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Peluang kerja bagi lulusan SMK Proli ini antara lain: staff akuntan, internal auditor, perencana keuangan, credit Analyst, kasir, teller bank, budgeting staff, staff Inkaso, dll. “Yang dipelajari di jurusan AKL ini seperti mengenal bisnis daring, tujuan kerja, contoh lapangan kerja setelah lulus dan masih banyak lagi,” ungkap Tri Menik Cahyawati selaku Kepala Proli (Kaproli) AKL.

Tri Menik juga menjelaskan bahwa pembelajaran yang digunakan berbasis proyek, sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka. “Kebetulan kan di tahun ini sudah Kurikulum Merdeka. Banyak proyek yang disebut PjBL (Project Based Learning) yang nantinya bisa untuk membekali siswa. Ngga cuma saat sekolah, tetapi saat lulus juga,” jelasnya. Kurikulum ini akan mengkolaborasikan antara proyek dan pembelajaran reguler.

Terkait tempat PKL, Tri Menik menyatakan bahwa pihak Proli dan Humas sudah mulai membuat list dan mencari partner PKL. Prospek jurusan AKL juga cukup banyak di masyarakat. Siswa dapat langsung bekerja atau melanjutkan kuliah. “Kalo yang jurusan AKL itu, sebenarnya nanti tergantung dari anak-anak itu sendiri bisa nanti seperti di supermarket atau mungkin di bank itu juga bisa. Tetapi, banyak juga anak-anak yang kuliah sambil kerja. Jadi mereka mendapatkan ilmu juga bisa melanjutkan kuliah dan juga nanti tentunya bisa naik pangkat di tempat tersebut,” ungkap Tri Menik.

Sesta Masten Pratama, salah satu siswa Proli AKL mengatakan bahwa ia memilih Proli AKL untuk mempertajam skill-nya. “Motivasi saya masuk jurusan ini adalah karena sekolah ini merupakan sekolah pusat keunggulan, dan saya ingin mempertajam skill saya di bidang AKL,” ucap Sesta.

Tak hanya AKL, di tahun yang sama, SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang juga membuka Proli Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). BDP merupakan Proli yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet. Lukito Didik Pamuji selaku Kaproli BDP menjelaskan bahwa BDP akan mempelajari banyak strategi terkait bisnis digital. “Yang dipelajari di jurusan BDP adalah bagaimana cara memasarkan produk, menjadi pengusaha yang baik dan lain-lain. Tak hanya bisnis digital, di BDP juga diajarkan bisnis konvensional,” jelasnya.

Pihak Proli dan Tim juga telah memiliki gambaran mitra-mitra yang akan dijadikan tempat PKL. Beberapa di antaranya, seperti di Rita mall, Alfamart, Indomart, hingga dealer di daerah sekitar. Terkait peluang kerja, Lukito mengungkapkan bahwa Proli BDP memiliki banyak peluang di berbagai bidang perekonomian dan bisnis. “Pekerjaan yang sesuai untuk lulusan Proli ini ya bisa di kasir, bisnis ritel, tenaga administrasi gudang, tenaga marketing di segala bidang usaha nasional dan internasional, wirausaha dalam bisnis ritel dan online, kerja sama dunia usaha dan dunia industri, dan sebagainya,” ungkap Lukito saat ditemui secara langsung.

Sama halnya dengan Sesta, Friska Pebriani, salah satu siswa dari jurusan BDP menyatakan bahwa ia memilih Proli di bidang Bisman karena ingin mengasah skill di dunia bisnis. “Motivasi saya masuk ke jurusan BDP karena di lingkungan tempat tinggal saya banyak yang menjadi pengusaha. Semoga saya bisa menjadi pengusaha yang baik dan sukses “ungkapnya.
Sesta dan Friska sama-sama berharap untuk lebih bisa mempelajari manajemen keuangan yang baik dengan fasilitas sekolah yang terus dikembangkan. Mereka juga berharap agar Proli baru ini dapat berkembang dan memiliki banyak peminat.

_Hasna Khoirunisa
_Reva Novianti
_Puspa Indah Aprillia

Pengumuman

Selamat Datang di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang

Bulan Muhharam

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444H

Video Terbaru