SEKILAS INFO
07-10-2022
  • 1 bulan yang lalu / SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang memiliki 6 Program Keahlian – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Multimedia (Desain Komunikasi Visual dan Broadcasting Perfilman, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) –
Teknologi Laboratorium Medik
[heading text=”Program Keahlian di SMK MA’ARIF NU 2 AJIBARANG” tag=”h2″ align=”center”]

Apa itu Analis Kesehatan??

Menurut KEPMENKES RI NOMOR 370/MENKES/SK/III/200, Analis Kesehatan atau disebut juga Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan adalah tenaga kesehatan dan ilmuan berketerampilan tinggi yang melaksanakan dan mengevaluasi prosedur laboratorium dengan memanfaatkan berbagai sumber daya.

Analis Kesehatanatau pranata laboratorium adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinik yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan data atau hasil sebagai penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. Cakupannya juga luas meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dll). Analis Kesehatan juga ada yang bekerja di Laboratorium Patologi Anatomi yang memeriksa sampel berupa jaringan hasil operasi (histopatologi). Seorang analis harus memiliki ketrampilan dan tanggung jawab yang tinggi dalam pemeriksaan sampel. Hal ini berhubungan dengan adanya risiko yang fatal jika terjadi kesalahan.

Semua cakupan Laboratorium Kesehatan yang disebut diatas berlaku baik milik pemerintah maupun swasta. kebanyakan orang salah mengartikan Analis Kesehatan sebagai seorang dokter, tapi sebenernya tugas seorang analis lebih rinci dan menjurus pada diagnosa penyakit yang dibuktikan dengan diagnosa Laboraturium.

TUJUAN DAN PERANAN

Tujuan pendidikan SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang jurusan Analis Kesehatan adalah mendidik siswa siswi menjadi Asisten Analis Kesehatan.

  1. Melakukan profesinya sesuai standar profesi dan kode etik Analis Kesehatan.
  2. Melakukan pemeriksaan laboratorium kesehatan.
  3. Menggunakan dan memelihara serta memperbaiki kerusakan sederhana alat-alat laboratorium.
  4. Bekerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya.
  5. Membimbing dan membina tenaga kesehatan yang menjadi tanggung jawabnya.
  6. Melakukan administrasi laboratorium kesehatan.
  7. Melakukan penyuluhan kesehatan sesuai dengan bidangnya.
  8. Menghasilkan asisten analis kesehatan yang profesional, berdaya guna dalam pelayanan kesehatan dan pengelolaan laboratorium

VISI :

Mencetak lulusan analis kesehatan yang cerdas intelektual, cerdas spiritual, dan cerdas emosional, berwawasan iptek dan imtaq serta menghasilkan tamatan yang kompeten dan mandiri
MISI :

  1. Membekali dan mendidik siswa dengan pembinaan budi pekerti dan norma-norma agama untuk  membentuk pribadi yang berakhlak mulia.
  2. Membiasakan dan melatih siswa untuk memiliki sikap hormat  kepada orang tua serta cinta kepada sesama.
  3. Mencetak ahli-ahli laboratorium yang mampu diserap oleh dunia kerja di bidang kesehatan
  4. Menghasilkan lulusan-lulusan analis kesehatan yang berkualitas, terampil, mandiri, dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Program Pratik Lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri
Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar PKL dilaksanakan selama 3 bulan pada lahan-lahan praktik anatara lain sebagai mitra (pasangan kerja) adalah :

1. Laboratorium Rumah Sakit
2. Laboratorium Klinik
3. Balai laboratorium kesehatan

Lapangan Pekerjaan
Tenaga Laboratorium Kesehatan :
a. Rumah Sakit
b. Laboratorium Klinik Swasta
Mata Pelajaran Produktif Analis Kesehatan, diantaranya :

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Biokimia
  • Anatomi dan Fisiologi
  • Mikrobiologi
  • Parasitologi
  • Pengelolaan alat dan bahan laboratorium.
  • Hematologi.
  • Kimia Klinik
  • Serologi/Immunologi
  • Kimia Air, Makanan dan Minuman ( Amami )