SEKILAS INFO
03-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang memiliki 6 Program Keahlian – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Teknik Komputer dan Jaringan, Broadcasting dan Perfilman, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) –
22
Jan 2024

ManudaMendunia-OSIS SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang menjadi narsumber workshop OSIS di SMK Ma’arf NU Wangon. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan OSIS Manuda memberikan materi tentang organisasi intra sekolah yang sudah dilaksanakan seperti program dan rencana kerja ke peserta.

“Salah satu kunci keberhasilan OSIS adalah kekompakan dan sinergitas OSIS dengan organisasi lain di sekolah,”jelas Waka kesiswaan Manuda, Winarti SH SPd.

4 Manfaat Positif Jadi Pengurus OSIS
1. Mengasah Jiwa Kepemimpinan
Sebagai salah satu syarat untuk bergabung dengan OSIS, biasanya pihak sekolah mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) khusus. Di sana, kamu akan dilatih untuk memaksimalkan jiwa kepemimpinan dalam diri kamu, mengingat bahwa sebagai pengurus OSIS, kamu juga berperan sebagai perwakilan sekolah untuk teman-teman satu sekolah kamu. Saat kuliah, kemampuan ini akan membuat kepribadianmu menonjol sehingga kamu bisa menjadi salah satu mahasiswa yang unggul.

2. Menambah Kenalan
Bergabung dengan OSIS akan memberimu kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman satu sekolah dari berbagai kelas. Kenalanmu juga makin bertambah luas apabila ada event-event yang mengharuskan OSIS untuk bekerja sama dengan sekolah lain. Kemampuan networking-mu pun diasah dan hal ini akan membantumu dalam beradaptasi ketika kuliah nanti. Kamu tidak akan merasa canggung dan kesusahan untuk berkenalan dengan teman-teman baru karena telah terbiasa saat OSIS di sekolah.

3. Jadi Pengurus OSIS dapat Memperkaya Pengalaman
Sudah bukan menjadi cerita baru bahwa bergabung dengan suatu organisasi akan menambah pengalaman seseorang. Begitu juga dengan menjadi pengurus OSIS. Biasanya, OSIS memiliki program kerja yang harus kamu selesaikan dalam setahun. Tentu tidak semua hal akan berjalan mulus, tapi dari hal tersebut lah kamu akan belajar banyak hal. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Jadi, jangan takut membuat kesalahan, asalkan kamu dapat bertanggung jawab dengan baik dan mengambil pelajaran kemudian tidak mengulanginya.

4. Melatih Skill Sosial
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, OSIS membuatmu harus bekerja dengan banyak orang. Beberapa dari mereka bahkan mungkin merupakan teman-teman baru. Di sinilah skill sosialmu diuji, terlebih ketika ada masalah yang muncul. Sama halnya dengan kuliah nanti. Kamu akan bertemu dengan banyak individu baru dengan latar belakang yang berbeda. Pengalamanmu di OSIS akan sangat membantumu untuk mengenali karakter-karakter teman-teman barumu di kampus.

Bergabung dengan OSIS memang mengharuskan kamu untuk rela menyisihkan waktu di luar sekolah, mengingat bahwa terkadang ada berbagai rapat yang wajib kamu hadiri. Tapi, percayalah, hal-hal yang kamu dapatkan dari OSIS akan sangat berguna untuk masa depan perkuliahanmu nanti. Selain itu, yang perlu dipahami adalah menajadi seorang pengurus OSIS bukan berarti mewajarkanmu untuk tidak mencolok dalam hal prestasi di sekolah. OSIS hanyalah media belajar buatmu yang tidak mungkin nilai-nilai pelajarannya bisa kamu dapatkan hanya dengan mengikuti materi di dalam kelas sehingga kamu juga harus tetap mempertanggung jawabkan peningkatan prestasi kamu di sekolah. (*)

Pengumuman

Selamat Datang di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang

Bulan Muhharam

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444H

Video Terbaru