SEKILAS INFO
07-10-2022
  • 1 bulan yang lalu / SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang memiliki 6 Program Keahlian – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Multimedia (Desain Komunikasi Visual dan Broadcasting Perfilman, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) –
7
Agu 2022

SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang menyelenggarakan rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Senin-Kamis, 11-14 Juli 2022. MPLS tahun ini mengangkat tema “Merdeka Belajar Berdasar Profil Pelajar Pancasila” yang merupakan salah satu bentuk implementasi Kuriikulum Medeka yang dicanangkan pemerintah. Kegiatan yang diikuti 412 siswa baru dari 6 jurusan ini berlangsung lancar dan diakhiri sorak bahagia para panitia dan peserta.

MPLS 1

Seperti yang diketahui, SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang telah memiliki enam Program Keahlian (Proli) yang terdiri dari Proli Layanan Kesehatan (LK), Teknologi Farmasi (TF), Teknik Laboratorium Medik (TLM), Broadcasting dan Perfilman, serta dua jurusan baru, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Adanya dua Proli baru dan Proli lainnya ini menjadikan perolehan siswa baru SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang mencapai titik tertinggi sejak awal berdirinya di tahun 2010. Fakta ini mengukuhkan posisi SMK Ma’aif NU 2 Ajibarang sebagai SMK Pusat Keunggulan.
MPLS tahun 2022 dirancang sepenuhnya oleh guru dan dilaksanakan atas kolaborasi apik antara dewan guru dan organisasi siswa. Kegiatan diawali pada hari Senin, 11 Juli 2022 dengan dilaksanakannya upacara pembukaan. Upacara pembukaan di hari pertama dibuka langsung oleh Bapak Sodikin, S.T., M.Pd. selaku Kepala Sekolah. Kegiatan dilanjut dengan pengenalan guru dan karyawan. Beranjak dari lapangan sekolah, siswa baru diarahkan menuju aula untuk mengikuti pembekalan materi ke-NUan oleh Bapak Amri Afriadi, S.Pd. selaku guru mata pelajaran tersebut. MPLS dilanjutkan dengan pembekalan materi oleh Personel TNI AD dari Danramil 13 Ajibarang yang mengisi tentang Kedisiplinan dan Nasionalisme. MPLS hari pertama ditutup dengan gebyar penampilan ekstrakurikuler siswa SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang yang akan dijadikan sebagai wadah siswa untuk mengembangkan minat bakatnya di berbagai bidang.

MPLS 2

Semarak MPLS masih berlanjut di hari kedua yang diawali dengan senam aerobic bagi panitia dan peserta. Setelah meregangkan badan, siswa dibekali materi oleh para praktisi mengenai Bahaya Penyalahgunaan NAPZA yang dibawakan langsung oleh Personel Badan Narkotika Nasional (BNN). Pembekalan mengenai pembentukan karakter siswa baru dilanjutkan dengan materi tentang Anti Bullyng, Kenakalan Remaja, dan Safety Riding yang dibawakan langsung oleh Personel dari Polsek Ajibarang. Siswa baru juga dikenalkan mengenai Wawasan Wiyata Mandala oleh Kepala SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang. MPLS hari ke-2 diakhiri gembira dengan permainan besar di lapangan yang juga didampingi oleh seluruh guru dan karyawan.

MPLS 2

Hari ketiga MPLS merupakan kegiatan yang menjadi wadah ekspresi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Panggung Ekspresi yang menampilkan semua bakat siswa baru berbasis kelompok. Sebelum pementasan, siswa mendapatkan materi dari kurikulum mengenai sistem pembelajaran online yang digunakan di sekolah. Siswa juga dikenalkan dengan para Wakil Kepala Sekolah dan Ketua Program Keahlian. Pembekalan materi dilanjutkan dengan topik mengenai Digital Marketing oleh Bapak Amir Hidayat, S.Pd. dan pembekalan Kewirausahaan oleh guru yang bersangkutan. Panggung Ekspresi menjadi akhir dari rangkaian hari ketiga yang berlangsung dengan meriah.
Hari keempat MPLS diawali dengan apel pagi yang diikuti peserta dan beberapa panita. Kegiatan hari terakhir cukup santai karena akan diisi dengan lanjutan Panggung Ekspresi dan Outbond. Sebelumnya, siswa mendapat pembekalan mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Materi ini diikuti dengan sangat antusias oleh siswa baru. Setelah pembekalan materi, siswa diarahkan ke lapangan untuk melanjutkan Panggung Ekspresi. Pementasan berlangsung dengan meriah dan diramaikan oleh seluruh warga sekolah. Outbond menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu siswa karena mereka akan melakukan penjelajahan yang menyenangkan di luar sekolah.

MPLS 3

Rangkaian kegiatan MPLS diakhiri dengan apel penutupan yang dilaksanakan setelah Outbond. MPLS ditutup langsung oleh Kepala Sekolah yang diikuti sorak gembira dari para siswa baru sembari mengangkat papan nama peserta mereka setinggi-tingginya. Sorak kegembiraan ini menjadi awal dari proses siswa kelas X untuk menapaki masa putih abu-abu yang menyenangkan. Merdeka belajar akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa dapat mengeksplorasi bakat dan minatnya seoptimal mungkin.
SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang berkomitmen untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa. MPLS dijadikan sarana yang tepat untuk mengenalkan siswa mengenai budaya sekolah dan berbagai materi yang dianjurkan langsung oleh pemerintah sebagai bekal awal siswa menapaki dunia SMK. Berawal dari MPLS ini, SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang akan selalu mengawal passion siswa dan menjadi transportasi terbaik bagi siswa untuk menuju kesuksesan mereka masing-masing.