SEKILAS INFO
28-03-2024
  • 1 tahun yang lalu / SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang memiliki 6 Program Keahlian – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Teknik Komputer dan Jaringan, Broadcasting dan Perfilman, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) –
22
Agu 2022

SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dan Implementasi P5 pada hari Kamis-Sabtu, 18-20 Agustus 2022 di lapangan Karangguyangan, Desa Pekuncen, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. PTA kali ini merupakan PTA pertama yang dilakukan secara langsung di luar sekolah setelah 2 tahun masa pandemi.

Dewan Ambalan KH. Abdurrahman Wahid dan Dewi Chandrawati Pangkalan SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang mengadakan kegiatan ini sebagai pelantikan siswa kelas X dari pramuka penggalang ke pramuka penegak. Sejumlah 377 siswa kelas X yang dibagi menjadi 27 sangga mengikuti kegiatan PTA kali ini.

Kegiatan hari pertama diisi dengan pendirian tenda yang dilanjutkan upacara pembukaan. Upacara dibina oleh Wakil Manajemen Mutu, Bapak M. Ainun Najib, S.HI., M.Pd. Meskipun diguyur hujan, upacara tetap berlangsung dengan khidmat. Kekhidmatan ini merupakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa. Kegiatan hari pertama dilanjut dengan pematerian dari Saka Bhayangkara, Pramuka Peduli (Pramuli), dan Kwaran Ajibarang. Peserta sangat antusias mengikuti materi yag disampaikan.

Berlanjut ke hari kedua, peserta membersihkan tenda dan menyiapkan sarapan di tiap sangga. Kemudian, dilanjutkan apel pagi oleh pembina pramuka, Bapak Angga Pramudia Sakti, S Pd. Kegiatan hari pertama diisi oleh materi dari Badan SAR Nasional (Basarnas) mengenai Penanggulangan Bencana. Selesai pematerian, peserta bersama kelompoknya melakukan penjelajahan di daerah sekitar. Hari kedua diakhiri dengan gelar pentas seni oleh siswa SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang.

Hari ketiga PTA merupakan hari terakhir yang diisi dengan bakti sosial dan cek kesehatan kepada warga sekitar. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementsi P5 yang menekankan pada sila kemanusiaan dalam Pancasila. Kemudian, siswa melakukan operasi semut dan pembongkaran tenda. Kegiatan PTA diakhiri dengan upacara pelantikan adat oleh Bapak Kusnomo, S.PdI.

PTA tahun ini berjalan dengan lancar meskipun diguyur hujan dan beberapa kegiatan tidak terlaksana. Namun, baik panitia maupun peserta sama-sama mengakhiri kegiatan dengan gembira. Kepala SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang, Bapak Sodikin, S.T., M.Pd. juga memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan kegiatan ini. PTA diharapkan dapat menjadi sarana penguatan implementaai P5 sebagai pembentukan karakter siswa.

_Admin

Pengumuman

Selamat Datang di SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang

Bulan Muhharam

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444H

Video Terbaru