SEKILAS INFO
28-01-2022
  • 7 bulan yang lalu / PPDB SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang Tahun 2022 Sudah Dibuka : Ada Beberapa Program Keahlian yang Bisa Menjadi Pilihan – Layanan Kesehatan (Asisten Keperawatan dan Caregiver), Teknologi Farmasi (Farmasi Klinis & Komunitas dan Farmasi Industri), Teknologi Laboratorium Medik, Multimedia (Desain Komunikasi Visual dan Broadcasting Perfilman – Pendaftaran Bisa Offline (Datang Langsung Ke Sekolah) dan Online...
30
Sep 2021

SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang salah satu SMK yang dipercayai Direktorat Jenderal Vokasi, Kementrian Pendididkan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk melaksanakan Program SMK Pusat Keunggulan (PK) pada tahu 2021. Program ini merupakan kelanjutan dari program tahun sebelumnya yaitu Program SMK Center of Exellent (CoE) sektor Caregiver. Program SMK PK lahir sebagai pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Keberhasilan ini perlu kerja sama sekolah dengan pendamping nasional, IDUKA, dan Perguruan Tinggi.

Setelah SMK Ma’arif NU 2 Ajibarang melaksanakan sosialisasi SMK PK pada hari Jumat, 20 Agustus 2021 di ruang aula. Dilanjutkan pada hari Kamis, 16 September 2021 melaksanakan Workshop Penyusunan Program SMK Pusat Keunggulan (PK). Kegiatan ini diawali oleh Kepala Sekolah dilanjutkan pengawas pembina Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengarahkan sekaligus membuka kegiatan workshop.

“Kegiatan ini endingya disepakati dulu, setelah itu baru mendiskusikan tahapan dari awal sampai akhir. SMK harus mengawal siswa untuk melanjutkan kerja, kuliah, berwiraswasta. ” tutur Drs. Ahmad Nurul Huda, M.M.

Workshop ini juga dihadiri oleh pendamping nasional dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta yaitu Ibu Sri Anggarini Purwatiningsih, S.SiT., M.Kes dan Ibu Anis Laela Megasari, S.Tr.Kep., M.Tr.Kep.

“Sudah mact angtara kurikulum dengan output, hanya nanti ditambah dari ketentuan dari kemdikbud, seperti jumlah guru yang magang di IDUKA ditingkatkan.” Arahan dari Ibu Sri Anggarini Purwatiningsih, S.SiT., M.Kes. selaku pendamping dari UNS.

Istilah IDUKA diganti dengan dunia kerja. CP adalah hasil diskusi Kemdikbud dengan dunia kerja. Namun, kurikulum sekarang adalah kurikulum merdeka. Roadmap kaitan dengan CP. CP akan dipakai sesuai dengan sekolah. Elemen 1-3 perkembangan teknologi, 4-7 pengembangan profesi. KOS diterapak pada kelas X. Walaupun yang ditujukan dasar-dasar layanan kesehatan. Profilnya kita tetatpkan dulu yaitu keterserapkan lulusan ke dunia kerja. Pada mapel penguatan P5BK tema wajib bagi SMK adalah kebekerjaan dan budaya kerja.

Program SMK PK telah dilaksanakan pada tahun 2020 yaitu penyelarasan kurikulum, pembelajaran berbasis proyek, magang guru di IDUKA, penyusunan bahan ajar, penilaian pembelajaran, perencanaan PKL, sertifikasi siswa, komitmen dengan IDUKA, teaching factory. Oleh karena itu, agar pelaksnaan program SMK PK dapat berjalan sesuai tujuan, perlu penyusunan peta jalan (roadmap) setiap program keahlian bersama IDUKA. IDUKA yang terlibat pada workshop ini yaitu LPK Darmawan Bogor, LPK Jababeka, LPK Amanah, LPK Kobai Mirai Japan, LPK Innochi, PNV Chanel Cilacap, AIKOM Purwokerto, dan Apotek Seven. Sedangkan perguruan tinggi dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto, STIKES Ibnu Sina Ajibarang.

Diharapkan setelah program ini IDUKA dapat memfasilitasi kebutuhan siswa agar kompetensi sesuai kebutuhan IDUKA.